Kamis, 25 April 2013

KOMUNIKASI NONVERBAL

Komunikasi nonverbal adalah komunikasi yang dilakukan tanpa menggunakan kata-kata. Tujuan dari komunikasi nonverbal adalah: 1) Mengekspresikan emosi. Orang yang sedih dapat mengkomunikasikan kesedihannya dengan cemberut, menangis, atau bersungut-sungut sendiri. 2) Memberikan informasi. Dengan komunikasi informasi dapat ditransfer kepada orang lain. Tatapan mata yang berbinar-binar bisa menginformasikan kebahagiaan kepada orang lain. 3) Mengatur alur percakapan. 4) Membuat sifat, melengkapi, dan menentang, mengembangkan pesan-pesan verbal. 5) Mempengaruhi orang lain. Orang yang tertawa dapat menularkan tawaya kepada orang lain. 6) Mempermudah tugas khusus.

Jenis-jenis komunikasi nonverbal
1. Sentuhan.
          Bentuknya dapat berjabat tangan, berciuman, pukulan, dan lain sebagainya. Jabat tangan yang erat dapat mengkomunikasikan adanya kehangatan, kepercayaan dan bahkan ketidakpercayaan.
2. Kronemik.
          Penggunaan waktu saat berkomunikasi, sebagai contoh anda sedang bercakap-cakap dengan orang di sebuah tempat. Anda melihat orang yang anda ajak bercakap-cakap melihat jam tangannya berkali-kali. sebagai orang yang tanggap anda tentunya bisa menangkap maksud dari tindakannya. anda bisa mengatakan apakah ada janji, apakah ada sesuatu yang akan dikerjakan, dan lain-lain. sering melihat jam tangan saat berkomunikasi juga bisa menandakan bahwa orang tersebut menganggap waktu komunikasi sudah lama, atau bahkan terlalu lama.
3. Kinesik
          Gerakan tubuh dapat menggambarkan komunikasi. Kontak mata misalnya, dari kontak mata kebanyakan orang menganggap saat berkomunikasi harus menatap mata lawan bicara. sebenarnya hal ini berbeda antara negara satu dengan negara lain. di Jepang orang yang ndingkluk (menunduk) saat berbicara dengan orang lain justru menandakan sedang mendengarkan dengan seksama.
4. Prokemik
          Prokemik menandakan adanya kedekatan/kejauhan hubungan antara orang yang berkomunikasi.
- Jarak intim, orang yang hubungan sangat dekat jarak komunikasinya pun semakin dekat.
- Jarak personal, tidak sedekat jarak intim.
- Jarak sosial
- Jarak publik
5. Vokalik
          Berupa nada suara, nada bicara, keras lemahnya suara, kecepatan berbicara.
6. Pakaian
          Pakaian merupakan komunikasi nonverbal yang paling umum. orang yang berpakaian tertutup misalnya mengkomunikasikan bahwa ia orang baik-baik, bisa juga ia adalah orang yang menutup diri. Warna pakaian juga menggambarkan komunikasi, warna merah cenderung berani, warna pink seolah-olah imut, manis.
Lokasi: Surakarta, Indonesia

0 komentar:

Posting Komentar

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html