Sabtu, 20 Oktober 2012

Sejarah Palestina


Sebuah negeri  yang terletak di bagian barat Benua Asia dan bagian pantai timur Laut Tengah. Palestina berada diantara tiga benua, yaitu: Asia, Afrika, Eropa. Palestina berbatasan dengan Libanon di sebelah utara, Syria (Suriah) di bagian timur laut, Yordania di sebelah timur, dan Mesir di sebelah selatan. Palestina berada pada titik strategis karena menghubungkan Benua Asia dan Afrika. Palestina merupakan pintu masuk manusia dan perdagangan sejak zaman dahulu. Selain itu, Palestina juga menjadi titik pusat yang mempertemukan wilayah dunia Islam. Pada masa kekhalifahan Umar bin Khatab, Palestina termasuk dalam wilayah Syam.
Tanah Palestina juga disebut wilayah Kan’an karena bangsa Kan’an merupakan bangsa tertua yang mendiami wilyah Palestina. Bangsa Kan’an berasal dari Semenanjung arab yang bermigrasi ke palestina sejak tahun 5000-3000 SM. Pada tahun 3000-2500 SM kabilah-kabilah Arab Amuri datang dan tinggal di tanah Kan’an. Pada tahun 1300 SM bangsa palestina hijrah dari Kepulauan kert dan Lautan Egee (di Mediterania, antara Semenanjung Balkan dan Anatoli atau Asia Kecil) ke kawasan Kan’an. Mereka bergabung dengan orang-orang Arab asli penghuni Kan’an. Kawasan itu kemudian berubah nama menjadi Palestina. Orang-orang asli Kan’an sendiri yang memberi nama wilayah itu “Palestina” sesuai dengan nama bangsa yang bermigrasi tersebut.
Pada saat Palestina berada di bawah kekuasaan Islam, banyak penduduk palestina yang mengadopsi budaya Arab. Sebagian besar penduduk Palestina beragama Islam, sebagian kecil beragama Kristen dan Yahudi. Meski demikian, mereka tetap tinggal di wilayah Palestina dengan damai karena penduduk nonmuslim juga mendapatkan perlindungan dari pemerintah Islam yang berkuasa pada waktu itu.
Ajaran Islam telah melekat dalam diri penduduk Palestina sejak 636 M sampai sekarang, sebuah periode yang paling panjang dalam sejarah. Bangsa Palestina telah mendiami wilayah Palestina lebih dari 1500 tahun sebelum kaum Yahudi membangun negara Israel Raya di atas tanah Palestina. Kaum Yahudi telah merampas wilayah Palestina dari pemiliknya yang sah. Sejak saat itu, kondisi kehidupan penduduk palestina berubah. Mereka diusir dari wilayahnya sendiri. Selain itu, kaum Yahudi di bawah bendera Israel telah melakukan penganiayaan, pembunuhan, dan pembantaian yang keji atas penduduk Palestina. Penduduk Palestina saat ini tidak lagi memperoleh hak-haknya sebagai warga negara. Hak-hak mereka telah dirampas oleh perampok yang tidak memiliki rasa perikemanusiaan.


Dikutip dari: "KisaH-KisaH Menggetarkan dari PALESTINA" karya Ummu Rafi'

Lokasi: Surakarta, Indonesia

0 komentar:

Posting Komentar

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html